4 Perbedaan Jurusan Kuliah Keperawatan dan Kebidanan, Apa Saja?

Selamat datang Didierantiques di Website Kami!

JAKARTA. Ada sejumlah perbedaan mendasar antara spesialisasi “Keperawatan” dan “Kebidanan”. Salah satu yang membedakannya adalah prospek kerja bagi lulusannya. 4 Perbedaan Jurusan Kuliah Keperawatan dan Kebidanan, Apa Saja?

Ketika memutuskan untuk kuliah, mahasiswa bisa menemukan berbagai macam jurusan kuliah. Anda bisa memilih sesuai minat atau pertimbangan Anda.

Jika kita melihat dari berbagai jurusan yang tersebar di perguruan tinggi, beberapa di antaranya termasuk dalam bidang kesehatan. Tidak ada obat, tapi keperawatan dan kebidanan. Ciptakan Alat Ini, MAN 1 Jombang Lolos ke Final OPSI 2023

Meski sama-sama bekerja di bidang kesehatan, namun keduanya merupakan dua jurusan yang berbeda saat kuliah. Berikut penjelasannya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Perbedaan Perawat dan Bidan 1. Pengertian

Spesialisasi “Keperawatan” ditujukan untuk melatih calon keperawatan yang kompeten. Pada unit ini, pelatihan akan menekankan pada beberapa aspek seperti keterampilan berpikir kritis, perawatan pasien yang optimal, dan penilaian klinis.

Perawat bukanlah asisten dokter. Profesi ini lebih dikenal sebagai mitra dokter yang membantu kesembuhan pasien. Selain itu, bidang spesialisasinya beragam, mulai dari keperawatan anak hingga keperawatan geriatri.

Baca Juga: Prospek Kerja Lulusan Spesialis Asuransi Jiwa, Manajer Investasi dan Ahli Aktuaria

Lanjut ke kebidanan, jurusan kuliah ini identik dengan profesi yang nantinya akan membantu ibu hamil dalam melahirkan. Sebab, lulusannya siap menjadi tenaga medis dalam proses persalinan.

Mahasiswa kebidanan belajar banyak tentang cara menghadapi ibu hamil dan bayi. Prosesnya cukup besar, mulai dari pengendalian kehamilan, pengawasan tumbuh kembang janin, pertolongan saat melahirkan hingga pemberian perawatan pasca melahirkan.

2. Pelatihan

Seperti namanya, praktisi perawat belajar banyak tentang keperawatan dan ilmu kedokteran. Beberapa kursus yang mungkin Anda temui mencakup dasar-dasar keperawatan, ilmu biomedis. Perawatan orang dewasa, perawatan anak, perawatan kehamilan dan sebagainya.

Baca juga: 8 Spesialisasi yang Cocok Berdasarkan MBTI, Tes Kepribadian, Apa Saja? 4 Perbedaan Jurusan Kuliah Keperawatan dan Kebidanan, Apa Saja?

Sedangkan mahasiswa kebidanan akan menjumpai berbagai mata kuliah seperti konsep kebidanan, anatomi, fisiologi, kebidanan, asuhan kebidanan, persalinan, promosi kesehatan dan lain-lain. Selain teori, mahasiswa fakultas ini juga akan menjalani berbagai praktik.

3. Nama

Banyak universitas di tanah air membuka kursus keperawatan. Jenjangnya pun bermacam-macam, mulai dari D3, D4, S1 hingga S3.