December 7, 2022

Cara Mengahadapi Anak Tantrum

Mengahadapi Anak Tantrum adalah hal biasa bagi orang tua, terlebih bagi mereka yang memiliki anak suka marah dan susah di atur. Dalam kondisi ini anak yang lagi marah bisa berteriak bahkan menangis meski berada di tempat umum. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui cara menghadapi anak tantrum, diantaranya adalah sebagai berikut :

Bagaimana Cara Mengahadapi Anak Tantrum?

 

  1. Tangani perilaku agresifnya

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak tantrum adalah tangani perilaku agresifnya. Jika anak anda agresif dan melakukan sesuatu misalnya seperti melempar, membanting, memukuk, menendang, dan sebagainya.

Sebaiknya anda segera menangani perilaku tersebut, beritahulan dengan cara yang lembut bahwa hal tersebut menyakiti orang lain dan katakan bahwa tindakan yang tersebut tidak disukai oleh semua orang.

Dalam kondisi seperti ini, bagi anda para orang tua dilarang menggunakan tindakan keras yang menyakitkan. Sebab hal tersebut akan memengaruhi mental pada anak, dan hal itu juga tidak akan efektif untuk mengatasi tantrum anak.

  1. Hindari reaksi berlebihan

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menghadapi anak tantrum adalah hindari reaksi berlebihan. Sebaiknya anda jangan memarahinya saat anak sedang tantrum, justru hal tersebut akan memperparah emosinya.

Terlebih lagi jika anda memberikan hukuman atas tantrumnya, pastinya hal tersebut akan membuat emosinya semakin menjadi-jadi. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh emosi meluap-luap ini yang menjajah korteks depan otak anak. Oleh sebab itu memaksa apalagi memarahi justru akan percuma, karena bagian otaknya yang melakukan hal tersebut tidak bekerja.

Oleh sebab itu, dalam hal ini anda perlu menghindari reaksi yang berlebihan dan jika bisa biarkan anak dengan tantrumnya sendiri. Namun, apabila tangisan atau  anak semakin parah, maka atasi ditempat yang sekiranya aman untuk melampiaskan kemarahan anak.

Disitulah anda bisa membiarkan si anak  untuk melepaskan amarahnya hingga si anak tersebut merasa  puas.

Nah, itulah sedikit ulasan yang dapat kami jelaskan mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak tantrum, dan semoga artikel kali ini dapat membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *