September 26, 2022

Hal Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Oven Dan Microwave

Mungkin ada dari anda yang bingung seperti apa bedanya oven dan microwave. Keduanya memang mirip bahkan ada fungsi yang sama dari oven cosmos 9 liter dan microwave.

Agar lebih memahami seperti apa bedanya kedua alat elektronik tersebut, anda bisa simak bahasan kali ini.

Penggunaan listrik

Oven butuh waktu lama saat mematangkan makanan, maka butuh energi lebih besar jika dibandingkan microwave. Karena oven butuh waktu hingga panas menyebar pada seluruh sudut.

Listrik yang terpakai sebenarnya kecil pada oven dibandingkan microwave tapi, proses oven ini lebih lama, daya listrik pun tentu lebih besar.  Sementara pematangan dengan memakai microwave memang lebih cepat tapi, gelombang mikro membuat microwave butuh konsumsi listrik cukup besar.

Cara kerja

Untuk listrik menjadi sumber saat memanaskan dan kemudian suhu menyebar lalu mematangkan masakan. Dilengkapi juga oven dengan kipas agar meratakan suhu supaya matang merata.

Microwave memakai radiasi gelombang elektromagnetik mikro untuk memanaskan. Gelombang akan bergerak lalu saling bertabrakan dan menimbulkan panas. Kalau oven bekerja mentransfer suhu dari sumbernya, maka microwave meningkatkan panas saja dari makanannya sendiri.

Hasil

Hasil masakan microwave dengan oven jelas akan berbeda, oven listrik akan menghasilkan masakan renyah dan lebih matang merata. Sementara microwave menghasilkan masakan kering dan juga sulit matang dikarenakan panas microwave dihasilkan lewat jenis makanan. Kelembapan atau kadar air pun bisa menghilang. Penggunaan microwave bisa dibilang kurang efektif jika ingin memasak makanan dengan kematangan maksimal seperti kue atau daging.

Ukuran

Produk oven sekarang ini ukurannya sudah sangat beragam dan semakin kecil, maka watt yang diperlukan semakin kecil pula, terutama oven listrik. Oven berukuran besar dapat digunakan untuk porsi lebih besar misalnya pizza, kue, atau ayam panggang.

Ukuran microwave umumnya tidak pernah 30 liter lebih, karena hanya didesain untuk menghangatkan saja.

Penggunaan

Saat menggunakan oven, bisa ditentukan suhu atau pun waktu memasak lewat fitur yang ada. Penting menggunakan wadah yang tahan panas ketika proses memasak. Penggunaan microwave lebih simpel, atur lama pemanasan dan biarkan bekerja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.