October 17, 2021

Kunci Jawaban Kelas 3 SD Tema 8 Halaman 190 191 193 194 195 196: Cerita tentang Sikap Adil

Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 3 SD/MI Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 4 halaman 190, 191, 193, 194, 195, dan 196 mengenai Aku Suka Berkarya. Sejumlah soal ada dalam buku Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 4 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 188 sampai 196. Misalnya soal: Sebutkan bunyi dan simbol sila Pancasila yang sesuai dengan aturan tersebut! serta soal Buatlah cerita tentang sikap adil yang pernah kamu lakukan!

Ada empat subtema dalam Buku Tematik kelas 3 SD Tema 8 yang berjudul Praja Muda Karana. Masuk Subtema 4, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Aku Suka Berkarya. Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 3 SD/MI dalam Buku Tematik Tema 8 subtema 4.

Denah lokasi perkemahan menunjukkan posisi setiap tempat dengan baik. Meja makan ada di sebelah timur tenda pembina. Kamar kecil ada di sebelah barat tenda utama. Pusat air minum ada di sebelah utara meja makan. Sementara tungku ada di sebelah selatan tenda anggota pramuka. Seorang anggota pramuka akan menuju tenda pembina. Tentukan arah yang harus dilewati anggota tersebut!

Dari tenda, anggota pramuka akan berjalan ke arah barat sampai menuju tungku. Dari tungku, anggota pramuka akan berjalan ke arah selatan menuju meja makan. Dari meja makan, anggota pramuka berjalan ke arah barat menuju tenda pembina. Cobalah membuat denah menuju lokasi perpustakaan sekolahmu! Gunakan simbol sesuai imaginasimu!

Lengkapi denah lokasi perpustakaan dengan keterangan arah mata angin! Denah dan peraturan perpustakaan sangat bermanfaat untuk pengunjung. Manfaat peraturan untuk mengatur agar kegiatan berjalan dengan baik. Perhatikan beberapa peraturan perpustakaan berikut ini!

Adakah kaitan aturan tersebut dengan sikap pengamalan sila Pancasila? Sebutkan bunyi dan simbol sila Pancasila yang sesuai dengan aturan tersebut! Berikan pula alasannya!

1. Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila? …. Ya, aturan meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan sesuai dengan pengamalan sila Pancasila.

Sikap tersebut sesuai dengan sila ke …. Bunyi sila ke …. adalah ………………………………… 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Alasan ………………………………… Mengembalikan buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan artinya memberi kesempatan yang sama untuk yang lain. 2. Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang.

Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila? …. Ya, memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila. Sikap tersebut sesuai dengan sila ke ….

Bunyi sila ke …. adalah: ………………………………… 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Alasan …………………………………

Mengganti buku yang rusak sama dengan memberi kesempatan yang sama kepada anggota perpustakaan lain. 3. Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila? ….

Ya, menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan sesuai dengan pengamalan sila Pancasila Sikap tersebut sesuai dengan sila ke …. Bunyi sila ke …. adalah: …………………………………

5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Alasan ………………………………… Menjaga ketertiban agar anggota perpustakaan lain dapat memanfaatkan perpustakaan dan dapat memberi kesempatan yang sama kepada anggota perpustakaan lain.

4. Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila? …. Ya, ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya sesuai dengan pengamalan sila Pancasila.

Sikap tersebut sesuai dengan sila ke …. Bunyi sila ke … adalah: ………………………………… 3, Persatuan Indonesia

Alasan ………………………………… Dengan bersama sama menjaga kebersihan, maka perpustakaan menjadi lebih bersih dan pekerjaan membersihkan perpustakaan lebih cepat selesai. Apakah kamu pernah melakukan sikap adil terhadap keluarga?

Buatlah cerita tentang sikap adil yang pernah kamu lakukan! Buatlah cerita dalam 3 paragraf! Tuliskan terlebih dahulu pikiran pokok dari setiap paragraf!

1. Aku sangat menyayangi adikku. 2. Aku selalu membagi segala sesuatu dengan adil. 3. Sikap adil menambah kasih sayang.

Tulis ceritamu berdasarkan pikiran pokok yang telah kamu tentukan! Aku sangat menyayangi adikku. Usianya yang ada di bawahku membuatnya tidak bisa lepas dari pantauanku. Dia adalah tanggung jawab keduaku setelah diriku sendiri. Dia juga teman bermainku. Aku selalu membagi segala sesuatu dengan adil. Misalnya saja saat menggunakan mainan. Meski adikku lebih muda, hak kami sama. Walau kadang kami berebut, sering aku sengaja mengalah demi adikku.

Sikap adil menambah kasih sayang. Bersikap adil terhadap adik membuat aku semakin sayang kepada adikku. Adikku adalah saudaraku yang harus kusayangi. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *